2012-11-01

CSS >> Position

Akhir-akhir ini saya melihat cerita BRS ini cukup hangat dan banyak dibahas.. Walau saya sendiri tidak faham ceritanya. Maklumi, karena saya sendiri bukan penontonnya. Mari kita lanjut untuk membahas Position, untuk position atau posisi.. Merupakan perintah css yang agak krusial. Untuk saya yang pemula, mencari posisi yang tepat untuk div yang kugunakan tidak selalu benar dan mudah.

Position sendiri digunakan untuk berbagai keperluan seperti melayang, berada di posisi kanan yang sulit dan lain-lain. Bila anda perhatikan, beberapa css memerlukan position agar kemampuannya dapat bekerja. Contoh css yang butuh positin untuk bekerja benar adalah bottom

Property yang dimiliki oleh Position adalah:
  • Static
  • Absolute
  • Fixed
  • relative
  • inherited
Dimana Static adalah default dari position.

Untuk mempersingkat..
Static merupakan dasar dimana posisinya normal.
Absolute.. meletakkannya pada tempat pertama kali diletakkan. Sejujurnya absolute sendiri tanpa css lainnya akan terlihat seperti static
Fixed.. akan diletakkan sesuai dengan posisi dari browser. Jadi saat ada turunkan browser, posisinya akan tetap sama. Perlu diperhatikan bahwa posisinya dapat ditentukan dengan bottom, top, left, right.

Relative.. sekilas bisa sama seperti Static. Tetapi penggunaan yang tepat akan membuat dia berada di tempat yang sesuai.

Inherited. Turunan dari properti sebelumnya.

Untuk memakai, saya lebih menyarankan memakai DIV dibandingkan tag lainnya.

Tidak ada komentar: