2012-09-16

XAMPP 1.8 bermasalah?

Topik yang saya angkat bukanlah tentang Xampp bermasalah. Tetapi kompatibilitas dari PC dan software yang ternyata bertabrakan. Sebenarnya XAMPP tidak bermasalah, bahkan harusnya dari versi lama ke baru malah kinerja lebih baik. Memang ada beberapa hal dari yang lama bisa tetapi yang baru tidak.
Contoh yang dapat di ambil adalah 
  • di versi lama kita masih bisa mengetik <? ... ?> tetapi yang baru harus lengkap. Sebenarnya ini setting di Apache, tetapi akibat terlalu panik jadi kita menyalahkan xampp.
  • control error yang berbeda. Bila di lama statusnya yg normal (error) baru terlihat, di baru notice dan warning juga terlihat.
ada banyak error yang lain tetapi saya persingkat dengan pernyatan bahwa yang baru mungkin membingungkan bagi yang pernah pakai.. Atau malah mempersulit yang baru saja belajar dan tertarik dengan XAMPP dan PHP.

Selain masalah klise di atas, ada masalah lain seperti XAMPP kamu malah tidak JALAN?!? bentrok dengan lainnya (yang kebetulan pake port yang sama). Dan seperti biasa kita langsung bingung dan menyalahkan XAMPP. Tetapi anehnya kebanyakan kasus terjadi pada XAMPP baru!? bukan yang lama. 
Itu sebabnya dalam tutorial XAMPP saya memakai versi jadul yaitu 1.6.x yang bisa dibilang agak ketinggalan jaman. 

Tetapi bagi saya, bila anda pemula PHP dan ingin belajar PHP lebih baik anda memakai versi lama (1.6.x) bila nanti ingin berkembang, barulah pasang yang baru. Jangan lupa carilah teman yang pintar juga PHP seperti di facebook PHP Indonesia. Untuk kedepannya, mari perbaiki logic programing kita, seperti menulis lengkap <?php dan berhati-hati dalam deklarasi variabel. Well itu cuma beberapa tips yang harus kita kerjakan.

Bila anda merasa tulisan ini layak, silakan di share ilmunya. 

Tidak ada komentar: