2012-08-28

tips agar data selamat

sekedar tips.. mungkin anda sudah tahu tetapi lebih baik mengingatkan..
dalam pekerjaan yang membutuhkan dokumen dikirim kepada anda dan anda juga harus mengetik dokumen (word). Kita harus berfikir tentang hal terburuk apabila anda ketik di pc dan tiba-tiba pc mati. Kalau bisa hidup, mungkin kita akan cukup sakit karena beberapa kata hilang. Tetapi bagaimana kalau pc mati dan tak bisa hidup atau HDnya tak terbaca?

Tips ini sebenarnya buat temanku, dia bekerja di perusahaan. Dan sering sekali mengirimkan data dan mengetik data di word. Namun bukan berarti apa yang dilakukan salah, saya sendiri hanya berusaha membuat dia tidak jatuh pada keadaan yang sama seperti yang ku alami dahulu.



berikut adalah langkah-langkahnya. pertama kita butuh account google karena google punya google document yang sekarang jadi google drive. Lalu aktifkan google drive tersebut. Ini untuk tips offline dahulu.
  • saat kamu mengetik di komputer non-internet. Ketik biasa. Tetapi jangan lupa aktifkan autosave, walau sudah ada autosavenya (atau sudah menyala).
  • buatlah timer, tiap 30 menit copy semua data dari HD yang kamu ketik ke FD. memang merepotkan tapi anggap menenangkan hati dahulu saat mengetik.
  • pastikan kamu meletakkan gambar (bila ada) di folder.
  • Beri nama gambar tersebut sesuai nama file. formatnya : tulisan1_01.jpg dimana 01 adalah no dari file tersebut
Sekarang bila dalam keadaan online. Pertama pastikan data yang kamu akan ketik sudah ada offlinenya.
  1. masuk ke google drive
  2. pilih upload (hardisk dengan tanda panah ke atas)
  3. pilih files
  4. lalu pilih files yang akan di upload
  5. pastikan kamu memilih dapat mengedit tulisan
  6. lalu lakukan edit di tulisan tersebut. 
setelah melakukan pengeditan, kamu dapat bernafas lega karena di google drive ada update secara auto selama 1 menit. Jadi pastikan kamu tenang dan semoga tidak ada masalah

Jangan lupa subscribe blog ini untuk tips dan ilmu yang lebih banyak

Tidak ada komentar: