2012-06-08

Perjalanan menuju Barat

Pendeta Tong

merespon dari tulisan di sini ( http://yuda7867.blogspot.com/2012/06/ternyata-biksu-tong-sam-cong-adalah.html ) ada beberapa hal yang ingin kushare.. terutama beberapa kisah mengenai cerita asli perjalanan ke barat..
dari cerita yg kubaca..
menuju ke barat itu emang ke India kok.. posisinya bukan di barat tetapi barat disini lebih kepada tempat dimana tujuannya di anggap berada.. walau aslinya ada di selatan



perjalanan dia mencari buku agama, bukan al-qur'an tapi lebih kepada literatur agama/kepercayaan yg dianggap tinggi saat itu (di India)... Ada kemungkinan bukan cuma literatur agama, tetapi literatur lainnya yang tak berhubungan dengan agama!! tetapi juga moral.

perjalanannya sebenarnya gk bisa dibilang berakhir, karena hingga akhir hayatnya.. cita2 dia ngak berhasil.. dia menuju kebarat mendapatkan kitabnya tetapi dia harus menerjemahkannya hingga dapat dibaca..

kemungkinan proses terjemahannya sangat berat krn sulit dan ada bahasa yg ambingu.. jadi ada kemungkinan saat hadirnya Islam barulah tulisan itu selesai!! Karena menurut beberapa info, kitab yang di terjemahkan itu dan juga kitab al-qur'an adalah sejalan. Tetapi fakta itu tidak perlu diperdebatkan.. Karena kisah ini pantasnya di anggap sebagai kisah perjalanan dan keteguhan orang mencari kebenaran dan menyebarnya untuk umat lainnya.

Di lain kisah, kita mungkin bisa menyebutnya dia adalah salah satu Nabi atau pembawa pesan?

Tidak ada komentar: