2012-06-16

Menganggap remeh masalah.

Pengalaman program yang kubuat di Indonesia bisa dibilang tidak professional!! Alasannya sederhana, klienku itu bukan manusia tetapi monyet barbar!! Menurut mereka programmer adalah ALIEN.. tetapi dari mata kita, mereka adalah monyet barbar yang tidak tahu cara mengoperasikan komputer.

Balik ke masalah program, kita terkadang mendapatkan program yang ngak sesuai dengan apa yang kita miliki!! Dalam hal ini programmer PHP disuruh bikin program yang bukan web. Buat para programmer yang telah melewati ini tentu tertawa.. Kalau belum tertawalah sebelum tertawa dilarang
Bikin program tidak selalu hal-hal yang masuk akal, tetapi juga hal-hal yang tidak masuk akal. Tetapi pengalaman anda nantinya juga akan membantu sehingga hal yang mustahal jadi mustahil (sama aja donk).


Untuk menyingkat, saya akan berikan sebuah cerita program yang kubikin. Pertama saya akan cerita tentang saya yang diberi tugas membuat program laporan keselamatan. Permintaannya sangat sederhana yaitu:
Buat program dengan 2 input yaitu nama pelapor dan isi laporan. Setelah berhasil inputnya bikin hasil laporannya dengan format word. Berita bagusnya ini mudah, hanya butuh 3 script dan tidak butuh database. Memang mudah sampai saya menemukan kekurangan fatal dari pilihan programnya.
Sebelumnya kukira datanya bisa disimpan di CSV, bagaimanapun juga isinya tulisan panjang tanpa enter.
Dan laporannya juga berdasarkan bulan, jadi logicnya.
• Saat di input data akan disimpan
• Disimpan ke file dengan nama tahun-bulan.csv contoh 2012-06.csv
• Kalau mau narik tinggal tarik csv yang di inginkan maka selesai

Tetapi masalah muncul ketika klien meminta agar programnya mampu melakukan
• Pemanggilan data berdasarkan tanggal tertentu bukan bulan
• Memanggil data dan di urutkan berdasarkan nama
• Ada kolom kategori
• Ada jam kapan di input bukan kapan kejadian
• Dan lain-lain.

Akibatnya gw putuskan merombak ulang programnya dan memakai mysql sebagai databasenya. Memang klien selalu mengatakan gampang, tetapi gampangnya itu tidak terkendali. Jadi buat programmer, galilah kemungkinan yang bakal terjadi. Dan wajib ada hitam di atas putih bagaimana logic yang di inginkan oleh klien.

berikutnya gw akan tunjukkan bahwa akan lebih baik bila kita mencatat segala yang berhubungan dengan program dengan bentuk log dan lain-lain.

Tidak ada komentar: