2012-06-29

belajar CI paling basic part 1

semua buku yg gw baca selalu menugaskan kl mau belajar CI.. kamu harus  bisa pake Controler, Model dan View!!

Tapi faktanya tidak semua orang/programer mampu faham apa gunanya controler, model dan view. Bagi gw memaksakan harus pake controler, model dan view itu bukan cara belajar yang bagus. Sementara bikin script yang kebanyakan di controler itu malah ngak bagus dan efektif.

Tetapi pandangan gw berbeda, kalau memang lu bisa bikin semua di controler.. Kenapa tidak?!? tetapi gw gk menyarankan cara memakai di controler itu benar ya.. Semoga 1 artikel ini mampu membantu anda bikin script dengan gaya anda masing-masing.

Masing-masing punya gaya dan cara membuat script yang berbeda-beda. Terutama bila anda memiliki gaya tersebut sudah lama dan dah pewe.. Gw seh ngak masalah dengan itu, tetapi ketika berhadapan dengan CI.. malahan anda bikin ulang dan belajar dari awal.. Padahal lu dah punya style kok malah ngak di gunain style tersebut.

artikel ini saya akan membahas membuat program sederhana yaitu Hello world. Bedanya Hello World disini memakai database, dan nantinya akan ditampilkan dengan melihat jam kapan program ini dijalankan.

Pertama inilah program yang akan dibuat, gw tidak bikin rumit karena ini cuma buat memahami logic.

/*
Memanggil koneksi database
*/
$sql="select num() as jml from user";
/*
query yang nanti didapat jumlah yang anggap saja dimasukkan ke variable N
*/
$n=5; //anggap dapat 5
/*
fungsi yang kita dapat sekarang pagi, siang, malam..
hasilnya good morning yang dimasukkan ke variable now
*/
$now='Good Morning';

echo "$now, Hello World! We have $n user online
Kemudian kita akan memasukkannya di CI, yang pertama dilakukan adalah menuliskan komentar-komentar. Seperti contoh di atas, komentar tersebut sudah ada sehingga dapat lanjut ke langkah kedua yaitu membagi-bagi menjadi beberapa bagian.

Apabila anda kebingungan (walau saat ini belum), pecah-pecah program anda yang tadinya penuh menjadi bagian-bagian kecil.. Maka kita akan mendapat berdasarkan program di atas
  • Koneksi database
  • menghitung jumlah user
  • melihat saat ini pagi, siang, atau malam
  • menampilkan tulisan.
Bila di buat jadi controler (hasil akhirnya)
function test()
{
$this->load->library('database');
$ar[n]=$this->numUser();
$ar[now]=$this->now();
$this->load->view('test',$ar);

}
Sebelum menjadi di atas, kita harus memisahkan dahulu berdasarkan bagian-bagian yang kita buat yaitu:
  1. Koneksi database. Bila baca-baca tutorial sebelumnya, kita pelajari bahwa kita wajib memasang user, password di config. Tetapi saya akan skip itu. Anggap anda sudah melakukan dan berikutnya adalah memanggil/melakukan koneksi database dengan perintah: $this->load->library('database'); 
  2. berikutnya adalah menghitung jumlah user. kita pisahkan dan ubah jadi fungsi yang juga diletakkan di controler? tetapi kenapa tidak di model? alasannya untuk mempermudah. Pada part 2 akan diletakkan di model, namun untuk mudahnya saat ini letakkan di controler.
  3. mirip dengan part 2.
  4. langsung menampilkan bukan diletakkan di view
Berikutnya pasti akan muncul pertanyaan kenapa tidak di view. Alasannya sederhana, karena kita akan mengechecknya di controler apakah jalan atau tidak.
Berikutnya baru bikin di view dengan bentuk yang tertulis di atas

$this->load->view('test',$ar);

 Berikutnya kita akan membahas part 2 yaitu saran tampilan terbaik untuk program anda.

Tidak ada komentar: