2012-06-21

Backup Website

sebelum terlambat lakukan backup data-data anda? Itu adalah tips yang bagus, tetapi tanpa praktek tentu anda bingung maksudnya. Dalam bikin web yang udah jadi, mari anggap sudah publish di Internet!!
*saya kebetulan kebanyakan main di lokal jadi backup lebih mudah*
Terkadang program yang kita bikin di komputer sendiri malah ngak jalan di client dan gawatnya prog yg terbaru di client adalah yang UPDATE dari komputer kamu.. TENTU BERABE donk!!
Saya kasi tips sederhana kalau di lokal, rename foldernya lalu kasi nama yang mudah di ingat seperti tanggal, walau aslinya gw malah nulis TANGGAL!!

Kita akan dapat banyak folder yang merupakan update kita.. Kalau ada masalah tinggal rename balik dan anda selamat.

Tapi bagaimana kalau di website, dimana senjata anda cuma ftp (web/program). kalau di program sayangnya tidak ada fitur yang namanya compress.. tetapi saya rekomendasi cari ftp yg ada kemampuan kompress termasuk kemampuan itu di support dari hosting anda.

Pertama pilih file atau mudahnya folder yang akan anda update!! pilih compress lalu ganti namanya
tanggal_folder.zip
pake extension lain boleh tetapi saya lebih suka zip.
berikutnya baru kamu timpa.. bila tidak ada masalah.. JANGAN HAPUS ZIP BARUSAN.. biarkan 2 minggu disana dan jangan lupa kamu download buat taro di FD atau PC kamu.
Bila ada masalah extract saja ZIP tersebut.. Tetapi jangan lupa catat dan hati-hati.

Cara ini juga berlaku buat database.. TETAPI BAGAIMANA kalau DBnya lebih gede dari GABAN (hehehehe).. nah itu kita bahas lain waktu kalau sempat!!

Tidak ada komentar: