2011-10-12

Tutorial/Membuat konsep cerita

Membuat cerita itu gampang tapi mengembangkan cerita itu sulit. Bila mau diberi contoh, mungkin ini dapat membantu.

Saya memiliki sebuah cerita dengan unsur

* Kegelapan. Sesuatu yang jahat
* Mesin. Modern
* Judgement. Hukuman
* Magician. Seorang ahli sihir


Apabila Anda memiliki kemampuan nalar dan khayal yang tinggi maka akan tercipta sebuah cerita tentang seorang ahli sihir yang memakai kegelapan sebagai alat untuk menguasai dunia. Dengan bantuan mesin dan teknologi dia berhasil menguasai dunia. Tetapi ternyata langit menghukum dia dengan mengirim kutukan.

Tentukan unsur cerita

Ada banyak unsur cerita yang dapat dimasukkan dari yang sangat sederhana seperti yang sehari-hari kita lihat misalnya hewan kucing hingga yang sangat rumit seperti Tata negara dan koperasi Indonesia.

Daftar di bawah semoga dapat membantu.

* Elemen; Sesuatu yang berhubungan dengan unsur dasar alam semesta
* Kegelapan; Sesuatu yang jahat
* Langit; Sesuatu yang muncul dari langit/surga
* Malaikat; Berhubungan dengan surga
* Mesin; Modern, teknologi buatan manusia
* Magic; Sihir
* Buku; Sejarah atau pengetahuan
* Artifak; masa lampau
* Team; sebuah tim
* Raja; Pemimpin
* Ratu; Pendamping
* Death; Kematian
* Setan; Sesuatu yang jahat
* Fool; Kebodohan
* Fortune; sesuatu tentang keberuntungan, kemakmuran
* Chariot: senjata petempuran
* Hanged man; Sesuatu yang terbalik
* Hermit; Pertapa
* Hieropant; Pembawa kedamaian?
* Judgement; Hukuman
* Justice; Keadilan
* Lover; Percintaan
* Magician; Seorang ahli sihir
* Moon; cahaya muncul di balik kegelapan
* Priestess; seorang ahli penyembuhan
* Star; sumber
* Sun; Cahaya
* Temperance; kesederhanaan
* Tower; Puncak kekuatan
* World; Dunia
* Twin; Kembar
* Killer; Pembunuh/orang jahat
* Dream; Mimpi
* Skill; Kemampuan
* Scholar; Murid atau kepintaran.


Setting Cerita

Buatlah sebuah daftar yang menunjukkan di mana ceita ini berada. Apakah di Indonesia atau di luar, atau bahkan dalam dunia khayalan. Buatlah deskripsi tentang lokasi cerita tersebut. Mulai dari Latar belakang sejarah tempat tersebut, hal-hal yang terjadi saat itu, atau mungkin cerita sampingan yang tak jauh dari setting tempat tersebut. Banyak detil penting dapat ditambahkan. Bahkan detil tak penting seperti hari ulang tahun pengarang yang menyukai kelinci.

Mengembangkan cerita

Setelah cerita yang anda dapatkan dari penggabungan unsur di atas dibuat. Kemudian diperjelas dengan memberikan detil-detil seputar karakter atau kejadian yang menjadi pusat cerita. Sebagai contoh kita ambil cerita Pinokio yang tidak mau sekolah. Detil cerita yang ditampilkan yaitu Pinokio yang seharusnya sekolah justru pergi ke sirkus.

Kembangkan cerita kenapa Pinokio bisa memilih ke Sirkus daripada ke sekolah. Berikan sebuah detil dan gunakan 5W-H.. What, Why, Where, Who, When, dan How.

Berikan kejutan yang tak terduga

Kembali ke Pinokio, sang pinokio ini kemudian ditangkap oleh para penjahat. Tetapi mendadak dia menjadi marah dan berubah jadi raksasa hijau lalu mengungkapkan dirinya bukan Pinokio tetapi Hulkio!

Hubungan kedalam game

Cerita merupakan fondasi dalam game. Tanpa cerita yang menarik, game dapat berjalan tanpa arah yang jelas untuk memotivasi pemain untuk tetap bermain. Seperti pada buku melatih anda membuat game dalam 24 jam, diceritakan tentang game pong. permainan yang hanya memantulkan bola.

Pandangi lebih lanjut dan ubah pandangan anda terhadap bola itu menjadi hal yang lain yang memberikan alasan agar bola tersebut harus dipantulkan sebagai contoh bola dapat diibaratkan sebagai inti nuklir dan alat pemukul adalah alat anti gravitasi yang dapat mencegah bola itu keluar.

Setting tempat di dalam penyimpanan nuklir berada di antara dua negara. Misalkan negara-negara tersebut adalah Korea Utara dan Selatan.

Kembangkan pikiranmu dan temukan cerita-cerita yang lain.

Source: Original.

Tidak ada komentar: