2011-10-12

Mencari genre untuk cerita anda

Setelah berhasil mendapatkan cerita atau rancangan cerita. Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk menjadi game adalah menentukan Genre.

Setelah genre game ditentukan, dapat ditentukan musik, sistem, dan juga unsur pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam game. Jangan terpaku dengan pandangan umum tentang suatu genre misalnya jika game dengan seperti DnD (Dungeon and Dragon) harus berisi kegiatan bertarung. Ubahlah pandangan anda terhadap genre lain seperti genre olah-raga, bahkan Anda dapat membuat genre alternatif
Membuat cerita singkat

Cerita yang akan dibuat mengandung unsur sebagai berikut :

* Kegelapan. Sesuatu yang jahat
* Raja. Pemimpin
* Magician. Seorang ahli sihir
* Star. sumber
* Temperance. kesederhanaan
* World. Dunia

Bercerita tentang seorang raja yang dulunya seorang pendekar hebat di masa lampau. Di masa tuanya, dia hendak memberikan tahtanya kepada dua orang anaknya yang sudah beranjak dewasa. Tetapi sang raja tak ingin memberikan tahtanya begitu saja. Kemudian dia menguji sang anak apakah dia pantas menjadi pengganti dirinya.

Tetapi kekuatan kejahatan yang dahulu pernah dikalahkan bangkit dan membunuh salah satu pangeran, padahal pangeran tersebut adalah sang pemenang. Dengan bersedih, sang raja menyelamatkan sang anak yang tersisa dan meminta bantuan kepada seorang penyihir. Tetapi ternyata penyihir yang didatangi merupakan dalang dari kematian dan kehancuran kerajaannya.

Sang raja berfikir bahwa sang anak mampu untuk menjadi sang penerus walau dia adalah pihak yang kalah sehingga membuat sang raja meminta para prajurit untuk menyelamatkan sang pangeran walau pangeran tak mau pergi. Kemudian sekelompok pendekar / prajurit bayaran membantu pelarian anak sang raja.

Penyihir dan para pasukannya sangat kuat, bahkan beberapa negara menjadi aliansi mereka dan membantu mencari sang pangeran. Sang pangeran yang berada dalam masalah menemukan cara menyembunyikan dirinya.

Pelarian dirinya membuat sang anak menjadi dewasa dan berfikir dengan baik untuk membalas dendam saudara dan ayahnya serta membangun kembali kerajaannya. Dimulai dengan berkeliling dunia, dirinya menemukan teman dan juga musuh. Walau dengan pasukan yang sedikit dan rencana matang untuk membalas dendam, sang anak mencari waktu yang tepat untuk menyelesaikan perkara ini.

Genre

Banyak pilihan genre yang dapat diambil dari cerita kompleks di atas mulai dari genre Adventure hingga Alternatif.

Adventure

Sang pangeran meminta bantuan para pasukan barunya untuk mencari kristal langit guna mengalahkan sang penyihir. Dengan kristal langit, kekuatan sang penyihir akan hilang dan dengan demikian akan mudah bagi sang pangeran untuk mengalahkan penyihir. Tetapi perjuangan sang pendekar dan pangeran akan sulit karena setiap kristal dijaga oleh penjaga yang maha sakti dan juga posisi kristal tersebut sangat sulit dicapai oleh orang normal.

Di sini pemain dituntut untuk pandai-pandai menentukan waktu untuk menyerang atau bersembunyi. Genre ini dikenal sebagai Hack & Slash. Genre ini memfokuskan pada perjalanan pemain pada area tertentu. Area-are yang tenang dapat ditunjukkan dengan film.

Olah Raga

Dunia Verda terkenal dengan olahraga sepak bola, sang pangeran memutuskan untuk melatih dirinya dan pasukannya menjadi pemain sepak bola. Apabila mereka berhasil sampai di tingkat puncak, maka sang pangeran akan mendapat peluang untuk membunuh sang penyihir.

Olah raga di sini dapat menjadi olah raga alternatif yang tak terduga seperti Dodge Ball atau Balap Kuda. Dapat pula seperti Olimpiade, bila pemain berhasil mendapatkan banyak nilai maka dia akan dapat mendekati sang penyihir sebagai olahragawan terbaik.

RPG

Setelah berhasil lolos dari kejaran prajurit jahat, sang pangeran bertemu dengan para prajurit bayaran. Tetapi salah satu dari mereka mengenali sang pangeran dan hendak menyerahkan pangeran ke penyihir. Ternyata mereka dikhianati oleh salah satu prajurit bayaran di antara mereka dan kemudian menyelamatkan sang pangeran dan mencoba menjatuhkan sang penyihir.

Genre ini adalah stereotip yang terpikir pertama kali jika membaca cerita di atas. Bentuk genre ini di Amerika dan Jepang agak berbeda. RPG Amerika lebih memfokuskan pada menjalankan karakter dengan mouse dan kenaikan level yang agak sulit. Bahkan naik atau tidak level serasa tak jauh berbeda.

Genre RPG Jepang cenderung lebih royal dengan memberikan banyak bonus berupa EXP (pengalaman untuk meningkatkan kemampuan) dan uang. Biasanya RPG Jepang atau Asia lebih memfokuskan pada waktu tunggu yaitu adanya jeda waktu setelah melakukan pukulan dan sebelum pukulan berikutnya.

Card Battle

Genre ini sebenarnya tidak berhubungan dengan cerita atau efeknya dengan cerita. Card disini lebih menjadi sebuah kunci agar cerita selanjutnya dapat terbuka. Hal sama juga berlaku dalam permainan Puzzle. Bila berhasil menyelesaikan suatu puzzle maka cerita berikutnya akan terbuka.

Pertarungan

Sang pangeran melatih dirinya bersama para prajurit bayaran dan mengubah dirinya jadi Jet-lii dengan pandangan tajam seperti Shiro (Tinju Bintang Utara). Dia kemudian bertemu seorang pendekar yang mabuk dan menjatuhkan surat pertandingan silat. Melihat peluang bagus seperti itu sang pangeran dan prajuritnya mengikuti turnamen tersebut dan berhasil masuk ke babak final. Sementara itu, sesosok pemuda misterius tampak tersenyum melihat sang pangeran.

Genre ini lebih memfokuskan pada pertarungan satu-lawan-satu. Seperti layaknya Street Fighter, pemain diberi dua kesempatan menang untuk lanjut ke kursi jabatan berikutnya.

Love Sim

Setelah berhasil lolos dari kejaran para prajurit lawan dan diselamatkan prajurit misterius. Sang pangeran kemudian terkejut mengetahui bahwa penyelamatnya adalah seorang gadis. Sebelum berakhir kekagetannya, pangeran dikejutkan bahwa penyelamatnya dikelilingi oleh para gadis muda yang bersedia membantunya.

Dengan banyaknya perempuan disekitarnya, sang pangeran harus berusaha menjalin cinta kasih untuk menemukan ratu di tahtanya yang akan direbutnya dari tangan sang penyihir jahat.

Ero Sim

Genre permainan ini pada dasarnya mirip dengan Love Sim. Perbedaannya adalah adanya adegan hentai di dalam game pada genre ini.

Strategi Real Time

Mencoba mengembalikan kerajaan yang direbut oleh penyihir. Sang pangeran meminta bantuan pada kerajaan sahabat ayahnya. Sang raja meminjamkan pasukan yang kuat dan membantu menggempur para aliansi kerajaan penyihir. Di saat kritis itulah sang pangeran kemudian memahami alasan sang penyihir mengincar kerajaannya.

Alternatif
Ada banyak ide lain yang bersifat alternatif seperti:

* Kedokteran. Sang Pangeran kemudian belajar ilmu pengobatan dan menangani berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh para penyihir. Tetapi sebuah keberuntungan membawa sang pangeran menjadi dokter kerajaan. Sang raja kemudian menjadi sakit dan saat itulah sang pangeran bingung. apakah dia harus menolong atau tidak.
* Memasak.
* Mahjong,
* Dan banyak ide lainnya.


Yang harus diperhatikan

* Ide yang dianggap kurang menarik tak perlu harus dibuang. kembangkan ide tersebut menjadi lebih matang.
* Jangan terpaku pada satu genre. Kembangkan genre yang anda pilih ke genre lainnya.
* Jangan melupakan detil.


Source: Original.

Tidak ada komentar: