2012-05-30

membuat dalam excel masalah angka!!


mengikuti tutorial excel sebelumnya.. Anda dapat membaca yang php-excel tetapi tidak direkomendasikan bila anda bingung. Pertama data/tulisan yang kita input biasanya terdiri dari angka dan tulisan. Lainnya adalah TANGGAL!! Fokus saat ini adalah angka dahulu! beberapa tulisan anda biasanya ingin dibuat agar jangan jadi tulisan tetapi di anggap angka.. Tetapi kadang kejadiannya tidak sesuai keinginan.. misal angka yang dimasukkan ternyata mengandung spasi.. lebih enak saya kasi contoh script yang sederhana seperti sebelumnya.

http://pastebin.com/D821VkND .....

point utama dari script ini berada pada fungsi td!! dimana fungsi td berisi perintah trim dari tulisan yang masuk lalu tampil tanpa ada spesial karakter sebelum dan sesudah angka tersebut.

membahas tentang angka, ngak langsung membahas bila angka tersebut adalah bertipe huruf!! Untuk yang bertipe huruf, masukkan spasi sebelum angka! jangan di akhir, karena excel terutama excel 2007 masih mengenali sebagai angka. Tetapi ada satu hal yang menyebalkan dari 2k7 yaitu isi yang berupa angka masih dikenali walau diberikan spasi dan diberikan tanda 'pentung' untuk diperbaiki. Sebenarnya tanda ini tidak akan keluar saat di cetak, tetapi mengganggu tampilan saat muncul pertama kali.

Khusus 2k7 ke atas, bisa dengan cara kasi titik dan spasi. walau saya belum coba tapi saya yakin bisa.

Tidak ada komentar: