2014-04-12

Skedule buat Program PHP


berawal dari keinginan untuk membuat semacam program backup data. Gw menemukan bahwa di linux kita dapat menggunakan semacam penjadwalan atau disebut cron. Bila anda pakai hosting/server dengan linux, silakan cari dulu cron. Tetapi kalau windows.. maka ini adalah step yang memakai windows!

Pertama kita mulai dari hal paling sederhana yaitu program yang akan dijalankan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membahas caranya

  1. sebelum melakukan backup harus ada pembersihan
  2. proses pembersihan disini adalah penghapusan data
  3. lalu ada proses pemindahan data tertentu ke table 
  4. membuat log
  5. lalu kemudian melakukan backup data
Tetapi dalam artikel ini saya cuma akan memasukkan query saja. Kita bisa asumsikan bahwa php yang dijalani ini berisi 4 hal di atas. Dan perlu diketahui semua ini berawal dari 1 php dahulu lalu ... 
Pertama mari buat sebuah php sederhana! Ingat php ini harus berisi perintah yang jelas! dan harus dicoba agar yakin bisa jalan. Pertama mari buat dari script berikut
http://pastebin.com/4QCEZNLb
Beberapa hal yang harus dilakukan dan dipastikan untuk menjalankan script ini
  • user dan password sudah benar
  • apa yang dikerjakan aman
  • pastikan buat sebuah perintah yang bisa minimalisir kesalahan! ingat bahwa kita bisa saja membuat sebuah perulangan yang tak terbatas tanpa kita sengaja!
  • dan lain-lain.
Asumsikan kamu jalankan di browser dan jalan dengan benar! Data yang dimasukkan memang masuk ke table yang kita buat (test). Berikutnya kita akan menjalankannya penjadwalan. Tulisan berikut ini adalah untuk windows! Bila anda ingin menjalankan di linux ... silakan komen dibawah untuk saya buat memakai linux/hosting (cron)

SCHEDULE

Sebelum memakai aplikasi penjadwalan (schedule), kita harus bikin di bat dahulu (windows dalam tulisan ini). Untuk perintahnya saya memakai

C:\xampp\php\php.exe d:\php\001.php
bila diperhatikan formatnya
{dimana php.exe} {file yang akan dijalankan}
saat menjalankan perintah ini yang terjadi adalah sama seperti kamu menjalankan di browser (http:...../001)! Inilah metode saya yang pertama.

Memakai PHP.EXE

berbeda dengan browser, memakai php.exe sebenarnya akan menghasilkan tampilan yang berbeda. Seperti contoh adalah keluarannya tidak akan sesuai bila kamu memakai perintah html (karena muncul di command prompt).
Hal lainnya kamu bisa melakukan kesalahan dengan membuat php terus berjalan tanpa henti tanpa di hentikan! bila di browser, ada semacam time/batas waktu menjalankan program! tetapi ketika menjalankan php atau malah ada koneksi ke mysql! hal ini akan rawan!! Tetapi peringatan ini tidak harus di perhatikan sekarang.. ada bagusnya berhati-hati daripada rugi.

Memanggil BAT

Mari langsung ke intinya.. Pertama buka dahulu schedule (saya memakai 7 jadi mungkin berbeda)
buat task
pilih action
lanjutkan dengan memilih sesuai urutan berikut
biarkan action "start a program"
browse dimana batnya berada
kita sudah punya seperti ini .. lalu pilih Trigger
lalu pilih trigger yang sesuai seperti dikanan
tambahkan sesuai kebutuhan. 
Kemungkinan tampilannya berbeda dengan yang anda gunakan! silakan kamu tanya bila ngak sesuai apa yang kamu dapatkan! atau kamu bingung metodenya gimana?!?

Artikel berikutnya adalah implementasi berbeda!


Tidak ada komentar: