2014-02-18

script membuat laporan


ada beberapa hal yang perlu di bahas dahulu yaitu laporan apa yang akan kamu buat? apa hasil dari laporan (excel atau pdf), bagaimana format bila ketemu angka, tanggal dan lain-lain.
Semua itu sudah dibahas di blog ini, dengan kata kunci "excel".. Kenapa mesti excel? kenapa tidak pdf?
Dear agan2.bagi script php untuk membuat report dong.
dari kata-katanya sudah terlihat malas.. tetapi apakah saya berhak mengatakan demikian? pertama kita harus fahami dasarnya diatas dahulu dan berikutnya kenapa harus excel.

Beberapa perusahaan membutuhkan laporan itu untuk di pakai kembali .Atau lebih mudahnya memakai excel untuk melakukan penginputan, pengambilan sebagian data dan lain-lain! Hal yang menurut kita lebih mudah tetapi boros karena sama saja tidak mencerminkan kegunaan dari program yang kita buat!

Namun kita ngak bisa menyalahkan! Karena pilihan itu berasal dari pemilik perusahaan! mereka membutuhkan 'saat ini' tampilan yang terlihat boros tersebut! Namun ketika harus berhadapan dengan sistem semua bisa di ubah. Berikut adalah step yang harus dijalani sebelum bikin repot

  • Perhatikan apa input yang diberikan. dalam hal ini biasanya adalah tanggal
  • berapa maksimal hasil keluar. Ini biasa berhubungan dengan data yang besar dan hanya ingin menampilkan sebagian
  • kemampuan program menarik data. disini kita bahas database, semakin besar DB semakin lambat manggilnya. bahkan kita takbisa berharap 1x tarikan 1 juta data muncul! semua ada proses!
  • bagaimana output yang di inginkan.
  • Subtotal yang harus ada
  • dan lain-lain
Semua itu bertujuan membuat laporan yang sesuai keinginan. Tetapi bila laporan itu bersifat tetap dan tak akan di rubah, barulah memakai PDF. Tidak salah berfikir laporan pakai PDF tetapi kalau laporan itu akan dipakai untuk sesuatu hal yang lain!? dimana itu harus di edit? maka memakai excel solusi pertamamu. Berikan opsi untuk pdf!! setelahnya! bukan PDF dahulu baru excel!?!! 
dibawah adalah script sederhana buat tampilan excel.. sisanya baca-baca dengan kata kunci excel.. dan perhatikan phpexcel yang saya share!! bukan php-excel rumit namun bisa di pelajari dan sesuaikan dengan gayamu 

oh iya terakhir.. jawaban atas pertanyaanmu tidak akan jelas selama pertanyaan singkat dan kamu tidak menunjukkan usaha
Source : http://pastebin.com

Tidak ada komentar: