2013-01-28

CRUD = Create, read, update and delete Part 1



CRUD ... namanya saja sudah mengesankan tidak baik. Tetapi sebenarnya bukan, ini adalah sistem dimana kamu bisa menambah data, edit data/update, dan hapus. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang seputar CRUD yang saya ketahui.

LEBIH MUDAH MELAKUKAN INPUT DARIPADA KLARIFIKASI INPUT

inilah hal yang termudah dalam CRUD, karena dalam input kamu hanya mengisi input yang ada. Kemudian jangan lupa sebelum input kamu harus klarifikasi hasil input. Karena yang namanya input/create, itu adalah pekerjaan sebelum POST. Bahkan bisa dibilang seharusnya data yang dikirim harus melewati check sebelum di input. Kalau bisa halamannya berbeda (yang tersulit).
Dari membaca script, semua check dan input dilakukan di halaman yang sama. Bukan kesalahan, tetapi kalau dari segi keamanan kurang bagus! apalagi ditakutkan logicnya membingungkan bagi awam. Tetapi sejujurnya cara tersebut agak rumit.
Konsepnya diharuskan check (bisa sebelum input) memakai jquery (js) tetapi ada beberapa level yang menurutku layak buat dipertimbangkan.

Level pemula

Untuk pemula, lebih baik lakukan seperti semua program normalnya. Kita akan mengecheck di script berikutnya. Dimana kamu juga harus melakukan input disana bila berhasil. Pada level ini kamu tak usah memikirkan tentang penggunaan Jquery(JS), pemeriksaan dilakukan di script berikutnya. Langkah-langkah yang akan dilakukan di script berikutnya adalah:
  1. buat variable OK=1
  2. check semua input yang masuk. Bila gagal hapuskan variable OK. Disarankan memakai $OK--;
  3. Untuk input yang masalah, buat list error kedalam array. $ar[] = 'kata2 error';
  4. untuk kasus spesial, buat OK jadi bernilai lebih tinggi.
  5. bila nilai OK, maka input normal. Akan lebih baik buat 1 table yang mencatat input secara RAW bila ternyata input yang kamu masukkan harus di edit.. contoh ada field yang di isi berdasarkan dari nilai kategori.
  6. Bila nilai tidak OK (kosong atau bukan 1), buat pernyataan bahwa terjadi error. list errornya. Lalu kembalikan ke halaman sebelumnya. Gunakan perintah javascript back

LEVEL MENENGAH

Pada level ini, masukkan JS di form input (sebelum masuk), yang bertugas check. Masukkan checklist yang akan menampilkan tombol submit bila diperlukan. Disini diwajibkan tidak memakai submit tetapi button. sementara itu di dalam script input, tetap dilakukan pengechekan seperti halnya level pemula.

LEVEL TINGGI

Pada level ini tetap memakai JS, tetapi input bukan dilakukan di halaman berikutnya tetapi di halaman yang sama. Bisa dibilang saat menekan submit(button), program berjalan di belakang layar (terjadi post). Saya pribadi mengatakan lebih suka memakai POST / AJAX (jquery). Bila terjadi error maka tulisan errornya akan ada di tempat yang sekira2 akan dibaca (saran di bawah). Bila anda memakai cara ini, seharusnya tahu cara membuat pernyataan errornya muncul.

Tulisan error tak selalu harus muncul dalam bentuk tulisan merah, bisa pop up (tapi bukan alert). Tujuan dari tehnik ini adalah agar kamu tidak pergi dari halaman yang kamu input! Apabila berhasil gunakan perintah untuk lanjut ke halaman berikutnya. Saya pribadi membuat 1 div yang akan terisi saat ada proses.

Pada level ini agak rumit, tetapi bukan berarti sulit. Ini hanya perkembangan dari level menengah dan input jadi seolah2 berjalan cepat padahal sama seperti level2 di atasnya.

Tidak ada komentar: