2012-10-23

HTML2FPDF Part 2

Melanjutkan tutorial sebelumnya. Kali ini saya akan menarik HTML sebelum menjadikannya PDF. Ada beberapa hal yang wajib dipastikan sebelum menjalankannya. Karena ini sangat penting!! mengingat HTML2FPDF sangat memperhatikan css, gambar dan lain-lain yang berhubungan dengan HTML.

Saya tidak meletakkan HTML2FPDF di tempat baru. Tapi saya langsung menaruhnya folder. Jadi tolong pastikan anda memperhatikan penempatan filenya.

FPDF sangat diperlukan disini. Pastikan memerika error bila tidak keluar seperti yang di inginkan.. Saya memberikan error_reporting (0); dimana error disembunyikan. Bila tidak ada output hadir, jadikan error_reporting(22); 
*22 = show all*

Tanpa basa-basi mari mencoba membuat PDF dengan memanggil HTML. Sebenarnya inti dari PDF ini adalah  memasukkan htmlnya ke variable lalu di buat PDF!
Berikut ini adalah scriptnya

<?php
require_once('html2fpdf.php');
error_reporting(0);
$f='license.txt';
$pdf=new HTML2FPDF();
$pdf->AddPage();
 $strContent=file_get_contents($f);
$pdf->WriteHTML($strContent);
header('Content-type: application/pdf');
$pdf->Output("sample.pdf","I");

Untuk script yang lebih enak dibaca bisa dilihat di codepaste
Dari sini terlihat tidak ada yang sulit! bahkan sudah sangat jelas apa yang akan kamu gunakan. Tetapi ada perbedaan yaitu pada
$pdf->Output("sample.pdf","I");

Option yang saya tulis adalah I.. artinya hasil outputnya adalah di browser. Kenapa ngak dari tadi.. Well ada alasan! Percobaan saya pertama di chrome gagal!! hasilnya malah tulisan yang tidak jelas!!
Tetapi semua berbeda saat saya memanfaatkan
header('Content-type: application/pdf');
Menyuruh browser mengenali ini sebagai PDF.. Hasilnya saya dapat membuat script di atas dengan PDF di BROWSER

Berikutnya kita akan memanfaatkan di Code Igniter.. konsepnya memakai yg no 1 tetapi keluar sebagai bagian di browser! Tidak lupa dengan content-type!!

Tidak ada komentar: