2012-10-29

CSS >> Clear

Saber dikenal sebagai salah satu karakter anime yang terkenal. Dibuat dengan konsep raja Arthur jaman pedang dan sihir. Dia awalnya digambarkan pria, tetapi malah di buat konsepnya jadi perempuan seperti disini. Ternyata konsep ini sangat sukses dan dia memiliki banyak varian.
Dalam membuat sebuah html dengan float kiri atau kanan, terkadang kita ingin agar setelah itu akan ada garis yang melingkupi area dimana kotak itu berada. Sebenarnya menggunakan table lebih baik tetapi kenyataannya kebanyakan memakai table. Bahkan ada yang menyarankan menghindari table, kecuali bila kamu tak memiliki solusi lain.

Clear disini adalah memberikan pembersihan, walaupun clear memiliki 5 nilai yaitu:
  1. left No floating elements allowed on the left side
  2. right No floating elements allowed on the right side
  3. both No floating elements allowed on either the left or the right side
  4. none Default. Allows floating elements on both sides
  5. inherit
walaupun nilai terakhir tidak kuhitung sebenarnya.
Default dari clear adalah no 4 yaitu None. Dimana tidak ada halangan apabila kamu memanfaatkan float kiri dan kanan. Memakai clear kiri/kanan akan menghapus / melarang adanya float dikiri dan kanan. Sejujurnya saya tidak pernah melihat css memakai left / right. Tetapi dalam script yang kugunakan biasa memakai no 3 yaitu Both. Sehingga berikutnya table yang kubuat jatuh ke bawah.

Kalau ditanya cara menulis yang baik. Maka saran saya tetap memanfaatkan DIV dibandingkan tag HTML lainnya. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan memakai DIV lain seperti Table?!? atau P

Tidak ada komentar: