2011-10-23

Konsep dunia RPG

Memperhatikan konsep dunia RPG (dunianya bukan keseluruhannya).. Gw melihat bahwa dunia di RPG biasa terbagi 3 kubu (kecuali Tales of Eternia yang malah 5?).. Kubu disini lebih kepada persekutuan atau anggap aja LIGA BOLA.. ada liga bola BARAT dan LIGA BOLA TIMUR.. dimana nantinya LIGA ini terbagi-bagi atas banyak negara.

KUBU yang ada didalam game RPG biasa terbagi 3 yaitu kubu A, B dan yang tidak memihak A-B. Tetapi ini untuk 1 dunia lho, bukan 2 dunia seperti Tales of Eternia. Dan kubu ini saling bertentangan dengan lainnya. Tetapi kubu C (yang tidak memihak A-B) bisa dibilang sebagai kubu Netral atau kubu yang tidak begitu banyak terpengaruh. Istilahnya A&B gebuk2an tetapi dia adem ayem aja!! atau bahkan malah jadi tempat target serangannya.



Nanti musuh biasanya mengambil salah satu kubu dan pastinya kubu yang dominan tentunya. Seperti halnya 3 negara, kubu Wei dengan pemimpin Cao-cao. Dimana pemimpinnya kejam dan ingin rakyat teratur tetapi cara yg dilakukan tidak pantas.
Sementara kubu lawan memakai sistem yang tidak dingin.. tetapi malah dimanfaatkan oleh pihaknya sendiri dan malah menggulingkannya.

sebenarnya konsep didalamnya cukup komplek tetapi itu lebih kepada perkembangan cerita didalamnya.


Elemen juga dominan disini, dimana elemen dalam hal ini tempat dan posisi keberadaan negara sangat penting. sebisa mungkin tiap elemen punya perwakilan minimal satu walaupun itu bukan kota atau istana!! atau bahkan hanya dungeon (termasuk kota mati).
Keseimbangan sangat diperlukan, sebelum membuat kota dan kerajaan pikirkan bahwa elemen dalam dunia diwakilkan. Misal
api, kamu harus ada yg namanya gunung api..
Air tentu saja laut...
ES .. walo bukan elemen tetapi krn kita merujuk pada Bumi, harus ada daerah yang DINGIN
dan lain-lain..
Inti disini keseimbangan


Agama dan kepercayaan!? kurasa untuk game komplek ini perlu.. tetapi bila tidak ingin komplek, setidaknya memberikan 1 kepercayaan walau tidak terlihat dalam cerita.
sebenarnya kepercayaan berhubungan dengan teknologi dalam dunia kamu.. bila teknologi yang ada tinggi, maka buat kepercayaannya jadi lebih simple...
kenapa simple? krn biasanya yg berteknologi tinggi malah mikirnya sederhana untuk urusan kepercayaan.. malah terbalik untuk yang setengah teknologi?

kesimpulan:

  • membuat minimal 3 kubu (bukan negara) di dalam dunia
  • proporsi elemen sangat penting terutama tempat seperti kota, dungeon dll yang mewakili elemen tersebut.
  • adanya kepercayaan pada dunia

Tidak ada komentar: